Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Megalitik di Dunia

 Megalit adalah batu besar (neologi dari bahasa Yunani: μέγας (megas) berarti besar, dan λίθος (lithos) berarti batu) yang digunakan untuk membangun struktur atau monumen. Megalit menjadi tanda utama keberadaan tradisi megalitik, tradisi yang muncul di beberapa tempat di bumi. Batu yang digunakan dapat berupa satu batu tunggal (monolit), tumpukan batu besar maupun kecil, atau susunan batu yang diatur dalam bentuk tertentu. Megalit sering kali dipotong atau dipahat terlebih dahulu dan dibuat terkait dengan ritual religius atau upacara-upacara tertentu, seperti kematian atau masa tanam

Kehidupan masyarakat pada zaman pra sejarah terus mengalami perkembangan karena pengetahuan manusia sudah mulai meningkat. Hal ini terlihat dengan mulai adanya budaya kepercayaan terkait hubungan spiritual terhadap roh nenek moyang, sehingga menghasilkan peninggalan-peninggalan berupa bangunan besar dari batu atau dikenal sebagai bangunan megalitik.

Awal perkembangan adanya bangunan megalitik ini diperkirakan muncul pada waktu meluasnya tradisi bercocok tanam pada sekitar tahun 6000 SM. Dimana, masyarakat mulai mengenai kepercayaan yang diterapkan dalam beragam bentuk upacara yang berhubungan dengan perjalanan hidup manusia. Berikut ini beberapa megalitik dari beberapa negara yang terkenal didunia:


Kuil Megalitik Malta

Kuil Megalitik Malta adalah beberapa kuil prasejarah yang dibangun selama tiga periode berbeda kira-kira antara 3600 SM dan 700 SM di negara pulau Malta. Mereka telah diklaim sebagai struktur berdiri bebas tertua di Bumi yang diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia. Terdapat tujuh candi megalitik, mereka berada di Malta dan beberapa di pulau Gozo. Yang pertama ada kuil  Aġar Qim (diQrendi), Mnajdra (di Qrendi), Kuil Ta' aġrat (di Mġarr), Kuil Skorba (di ebbiegħ) dan Kuil Tarxien (di Tarxien) sementara di palau Gozo ada dua kuil besar Gantija.

Semuanya struktur prasejarah yang monumental diyakini telah dibangun selama milenium keempat dan ketiga SM Mereka adalah salah satu struktur batu pertama yang didirikan di dunia dan mencolok karena bentuk dan dekorasinya. Yang benar adalah bahwa setiap kompleks itu unik dan merupakan mahakarya untuk pencapaian teknologi yang mereka wakili.

Para ahli mengatakan bahwa setiap monumen memiliki teknik, rencana, dan artikulasi yang berbeda meskipun ada beberapa ciri umum seperti teras elips di depan dan fasad cekung. Secara umum, pintu masuk terletak di depan, di tengah fasad, membuka ke lorong monumental dengan teras beraspal dan interiornya terdiri dari ruang setengah lingkaran yang diatur secara simetris di setiap sisi sumbu bangunan


Ggantija Megalithic Temples, Bild Von Gozo, Malta


Göbekli Tepe

Di Turki, ditemukan sekumpulan batu besar dari zaman prasejarah. Terletak di atas bukit, skumpulan batu besar ini di identifikasi sebagai kuil dan dianggap sebagai salah satu kuil tertua didunia dan dikenal dengan sebutan  Göbekli Tepe. Göbekli Tepe adalah situs arkeologi yang ditemukan di wilayah pegunungan Semenanjung Anatolia, di provinsi Sanliurfa,Turki. Sejak penemuannya hingga sekarang, situs ini masih diliputi misteri. 

Göbekli Tepe merupakn reruntuhan arkeologi yang kini dijaga dengan baik. Unesco telah menetapkan situs tersebut sebagai warisan dunia pada pertemuan Komite Warisan Dunia.

Situs Gobekli Tepe pertama kali ditemukan ketika dilakukan penggalian oleh para peneliti dan argkeolog dari Istanbul, Turki, dan Chicago, Amerika Serikat, pada tahun 1963. Lokasinya tidak jauh, hanya  18 km dari  pusat kota, dekat lingkungan Orencik, Sanliurfa.

Namun Gobekli Tepe dianggap sebagai 'tempat pertama untuk sejarah manusia'. Memang situs ini paling menyolok di antara situs lain yang berusia 10-12 ribu SM.  Penggalian situs ini dimulai tahun 1995 setelah melalui perdebatan panjang. Adalah Klaus Schmidt, seorang profesor dari Jerman yang berhasil meyakinkan rekan-rekannya untuk menggali situs ini. Dia memang telah banyak mengumpulkan temuan-temuan yang berharga.


Reruntuhan Gőbekli Tepe


Stonehenge

Stonehenge adalah situs megalitikum paling terkenal di dunia. Selama ribuan tahun, Stonehenge menjadi saksi bisu sejarah terbentuknya Inggris. Selain terkenal akan struktur bangunannya yang megah, misteri yang menyelimuti Stonehenge menambah daya tarik para ilmuwan yang ingin mempelajari lebih jauh struktur bangunan tersebut. Belum terpecahkan apa sebenarnya fungsi monumen yang dibangun di dataran Wiltshire, Inggris sekitar 4.500 tahun silam. Namun, temuan terbaru menunjukkan bahwa awalnya Stonehenge dibangun sebagai penanda waktu dan musim berdasakan penanggalan matahari.

Penduduk Wiltshire pada zaman itu memperhatikan susunan batu untuk menandai perayaan dan ritual musiman yang eksis ribuan tahun lalu pada struktur megalitik tersebut. Fungsi ini mengisyaratkan betapa majunya pemahaman kosmologi orang-orang yang membangun Stonehenge.

Butuh belasan tahun para peneliti untuk menggali lapisan tersembunyi Stonehenge dan menganalisis temuannya. Baru-baru ini, peneliti berhasil menguraikan tanda geokimia sarsen, yang membentuk lingkaran luar bernama Lingkaran Sarsen, empat batu di luar lingkaran yang disebut Station Stone Rectangle, dan lima batu “Trilithon” di bagian tengah yang lebih dikenal sebagai Trilithon Horseshoe.

Sementara batuan biru yang lebih kecil di dalam lingkaran telah ditemukan di Wales, penelitian sebelumnya menunjukkan batuan-batuan yang membentuk Stonehenge berasal dari sumber yang sama. Dengan demikian, ada kemungkinan sarsen tersebut dianggap sebagai bagian dari kelompok terpadu oleh pencipta Stonehenge.


Stonehenge of England


Newgrange

Newgrange terletak di County Meath, Irlandia. Ini adalah makam bagian yang sangat megah yang dibangun selama periode Neolitik, sekitar 3200 SM, membuatnya lebih tua dari Stonehenge dan piramida Mesir. Situs ini terdiri dari gundukan melingkar besar dengan lorong batu bagian dalam dan kamar. Tulang-tulang manusia dan kemungkinan barang-barang kuburan atau persembahan nazar ditemukan di kamar-kamar ini. Banyak dari batu-batu besar Newgrange yang tercakup dalam seni megalitik.  ada kesepakatan tentang untuk apa situs itu digunakan, tetapi diyakini bahwa situs itu memiliki makna religius.


Newgrange on Ireland


Rujm el-Hiri

Enam belas kilometer timur Laut Galilea di bagian barat dataran Bashan yang bersejarah di Dataran Tinggi Golan  ditemukan reruntuhan struktur yang tidak biasa, yang diyakini para ahli dibangun setidaknya sebagian untuk tujuan archaeoastronomical yang dinamai Rujm el-Hiri. Terletak di ketinggian 515 meter di atas permukaan laut, Rujm el-Hiri adalah bangunan megalitik kuno yang terdiri dari piramida sentral dengan satu set cincin konsentris yang mengelilinginya.

Situs tersebut beserta bangunan kuno terdekat lainnya dibangun pada akhir Zaman Kalkoliti atau Zaman Perunggu Awal sekitar 3000-2700SM, Rujm el-Hiri (juga disebut Rogem Hiri atau Gilgal Rephaim) dibangun dengan material setidaknya sekitar 40.000 ton batu basalt hitam vulkanik yang belum dipotong ditumpuk dan terjepit di antara lima dan sembilan konsentris. cincinnya memiliki ketinggian yang mencapai 1 hingga 2,5 meter (3-8 kaki).Arkeolog Israel berteori bahwa situs itu bukan posisi defensif atau pemukiman, tetapi kemungkinan besar pusat ritual, mungkin terkait dengan kultus orang mati.



Rujm el-Hiri, Israel


Gunung Padang

Situs Gunung Padang merupakan peninggalan Megalitikum berbentuk punden berundak yang terletak di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulaan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.Dengan luas mencapai 291.800 m², situs ini tercatat sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.Keberadaan Situs Gunung Padang pertama kali dilaporkan oleh Nicolaas Johannes Krom pada 1914.Setelah diteliti, diketahui bahwa situs ini telah dibangun pada sekitar 500-220 SM oleh para penganut tradisi megalitik.Bahkan struktur bangunan yang paling bawah diduga berusia lebih tua lagi, yakni berumur 8000 SM.

Karena keterbatasan akses ke situs, temun bersejarah di Gunung Padang sempat terlupakan selama beberapa dekade.Barulah pada 1979, masyarakat desa setempat melaporkan tentang keberadaan tumpukan batu-batu persegi besar dengan berbagai ukuran yang tersusun dalam suatu tempat berundak kepada pemerintah.


Gunung Padang, Indonesia


Machu Picchu, Peru

Seperti melayang di awan dan berada di tengah pegunungan Andes, Machu Picchu adalah kota yang hilang. Machu Picchu bukan hanya mahakarya suku Inca, tetapi juga permatanya benua Amerika Selatan. Kerajaan Inca membangun keajaiban arsitektur ini pada ketinggian 8.000 kaki di atas permukaan laut. Terdapat lebih dari 200 bangunan yang digunakan untuk pertanian, astronomi, ritual keagamaan, dan tempat tinggal. Meskipun penjajah Spanyol pernah menaklukkan Inca 100 tahun setelah pembangunan Machu Picchu, eksistensi kota ini dirahasiakan dan hampir terlupakan selama 400 tahun hingga penemuan kembali pada 1911.

Untuk mencapai Machu Picchu Anda harus mendaki atau naik kereta mendaki gunung. Mungkin ini pula yang menjadi alasan kenapa Machu Picchu dianggap sebagai kota yang hilang dan terlupakan selama berabad-abad. Machu Picchu adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Baru dan situs Warisan Dunia UNESCO.


Machu Picchu, peru


Taula di Menorca

Pulau Menorca di Spanyol terletak di Mediterania barat dan merupakan pulau paling timur dari kelompok Balear. Ini adalah pulau berbatu yang relatif paling kecil dengan ukuran lebar 50 km. Meski pulau ini tergolong kecil didunia, namun berhasil menarik perhatian banyak arkeolog karena terdapat 35 megalit batu misterius yang dinamai Taula. Taula di Menorca terlihat sangat mirip dengan megalit terkenal Stonehenge di Inggris dan kuil tertua Gobekli Tepe di Turki.Menorca adalah pulau kecil di Spanyol dengan populasi sekitar 94,000. Dengan tinggi 1,175 kaki (358 meter) di atas permukaan laut dan lebar 37 mil (60 kilometer). Pada zaman prasejarah, Menorca melihat berbagai budaya dan bangsa, termasuk Yahudi, Vandal, Kekaisaran Bizantium, Mahkota Aragon, Islam, Inggris Raya, dan Spanyol. Orang Talayotik yang membangun megalit ini tidak pernah mendokumentasikan tujuan pasti dari monumen batu misterius yang mereka tinggalkan. Sekarang,  para peneliti dan arkeolog mencoba mengidentifikasi mengapabangun itu didirikan.

Taula of Menorca

Di Menorca terdapat tiga belas taula terkenalnya. Kata taula berarti "meja" dalam bahasa Catalan, yang merupakan salah satu bahasa utama Menorca. Taula berbentuk T, dengan batu besar berjajar mendatar bertengger tinggi di atasnys batu vertikal, dan dikelilingi dinding berbentuk U. Taula tertinggi mencapai tinggi 12 meter (3.7 meter). Selama bertahun-tahun diyakini bahwa taula ditutupi dengan atap. Namun akhirnya,  para peneliti setuju bahwa struktur tersebut bukanlah atap. Bukti yang tersedia menunjukkan bahwa lubang api pengorbanan ada di depan taula, yang atapnya tidak praktis.

Posting Komentar untuk "Struktur Megalitik di Dunia"