Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penenmuan Yang Mengubah Dunia

 Sejak dulu kala, manusia selalu ingin agar apa yang ingin di lakukan bisa diatasi dengan mudah. Dan mereka berusaha berpikir keras bahkan memakan waktu cukup lama untuk membuat alat demi kesulitan hidup bisa diatasi.

Bukan cuma di era sekarang kita dapat menjumpai berbagai peralatan  di era manusia purba pun, sudah ditemukan alat-alat sederhana yang digunakan untuk menopang hidup. Seiring perkembangan peradaban manusia, berbagai alat terus  ditemukan dan berkembang oleh para ilmuwan. Berbagai kemudahan yang dirasakan umat manusia saat ini tidak lepas dari sejarah panjang berbagai penemuan oleh para ilmuwan dunia. Dimana pada masa lalu, penemuan penting yang mengubah dunia ini, tidak lepas dari rasa ingin tahu, adanya kesulitan, hingga kadang tanpa di sengaja oleh para penemunya.

Berbagai temuan oleh umat manusia tentu sangat berguna untuk memudahkan dalam melakukan kegiatan banyak hal. Sehingga sangat memungkinkan jika berbagai penemuan ini mampu merubah dunia. Berikut beberapa penemuan penting yang mengubah dunia:


Roda

Sebelum  roda ditemukan pada 3500 SM, manusia sangat terbatas dalam menentukan seberapa banyak jumlah barang yang dapat diangkut melalui darat, serta seberapa jauh barang itu bisa diangkut. Roda itu sendiri bukanlah bagian tersulit dari “menemukan roda”, hal yang paling sulit adalah menentukan cara terbaik agar roda bisa bekerja lebih efisien.

Setelah 3500 SM, gerobak beroda memfasilitasi pertanian dan perdagangan dengan memungkinkan pengangkutan barang keluar-masuk pasar, serta meringankan beban orang yang melakukan perjalanan jarak jauh. Sekarang, roda hal yang  sangat vital dalam keberlangsungan hidup, ditemukan dalam segala hal mulai dari jam, kendaraan, hingga turbin.


The Wheel Invention


Paku

Penemuan penting ini berasal lebih dari 2.000 tahun ke periode Romawi Kuno. Paku hanya  mungkin ditemukan setelah manusia mengembangkan kemampuan melemparkan dan membentuk logam. Sebelum paku ditemukan, struktur kayu harus dibangun dengan menghubungkan papan-papan yang berdekatan secara geometris, sebuah proses konstruksi yang jauh lebih sulit dan lambat.

Sampai tahun 1790-an dan awal 1800-an, paku ditempa dengan tangan oleh pandai besi yang memanaskan batang besi persegi dan kemudian memalunya di empat sisi untuk membuat titik.

Mesin pembuat paku mulai muncul antara tahun 1790-an dan awal 1800-an. Teknologi untuk membuat paku terus berkembang; Setelah Henry Bessemer mengembangkan proses untuk memproduksi baja secara massal dari besi, paku besi di masa lalu perlahan memudar dan pada tahun 1886, 10 persen paku AS dibuat dari kawat baja lunak.  Pada tahun 1913, 90 persen paku yang diproduksi di AS adalah kawat baja.


The Nail Invention


Kompas

Pelaut kuno menggunakan sistem bintang-bintang untuk navigasi, tetapi metode ini menimbulkan kendala saat siang hari atau pada malam berawan, sehingga berbahaya untuk melakukan perjalanan jauh dari daratan.

Kompas pertama ditemukan di Cina selama dinasti Han antara abad ke-2 SM dan abad ke-1 M. Ia terbuat dari lodestone, bijih besi yang termagnetisasi secara alami, sifat-sifat yang telah dipelajari orang-orang China selama berabad-abad. Namun, digunakan untuk navigasi pertama kalinya selama Dinasti Song, antara abad ke-11 dan ke-12. Setelah itu, teknologi tersebut menyebar ke Barat melalui kontak laut.


Compas Invention


Mesin Cetak

Awalnya, proses pencetakan buku (dan sejenisnya) dikerjakan dengan proses yang lambat dan sangat rumit. Penemuan mesin cetak oleh Johannes Gutenberg pada tahun 1450 tidak hanya memungkinkan proses pencetakan bekerja lebih cepat… tetapi juga membuat buku tersedia dengan harga lebih murah.

Hal ini kemudian berkontribusi pada ilmu pengetahuan sehingga dapat menyebar dengan lebih cepat. Penemuan ini telah mengubah seluruh Eropa Barat pada abad ke-16 dengan berbagai teks pengetahuan pada beragam topik.


Printing Press Machine


Teleskop

Manusia selalu takjub dengan kerlipnya bintang maupun obyek lain di angkasa, tetapi hanya dengan teleskop penemuan yang mempermudah manusia untuk memahami lebih baik obyek di angkasa tersebut. Teleskop pertama kali dibuat oleh Hans Lippershey, lalu dikembangkan oleh Galileo Galilei, dan terus disempurnakan seiring perkembangan ilmu pengetahuan.

Selain teleskop, penemuan alat optik lain yang sama pentingnya adalah mikroskop. Sebelum mikroskop ditemukan tidak ada yang tahu bahwa kita hidup di dunia dengan penuh organisme mikroskopis yang juga memiliki dampak lebih besar dalam hidup kita.


Telescope


Mesin Uap

Meskipun mesin uap tidak lagi dipake masa sekarang ini, namun sebagian besar listrik yang kita nikmati hari ini dihasilkan oleh turbin uap besar untuk memutar magnet raksasa. Mesin uap berevolusi dari mesin pertama yang diproduksi di Mesir oleh Pahlawan Aleksandria pada abad pertama Masehi.

Mesin uap sangat kurang efisien sampai beberapa tokoh di mesin uap hadir dengan perbaikan yang lebih baik seperti Thomas Newcomen, James Watt dan Matthew Boulton. Mesin uap adalah mesin pertama yang memungkinkan praktik industri diterapkan dan menciptakan revolusi industri.


Steam Machine


Plastik

Plastik merupakan penemuan lain yang memiliki dampak cukup besar bagi dunia hingga saat ini. Meskipun akhir-akhir ini penggunaan plastik memberikan dampak negatif terhadap alam, namun penemuan plastik menciptakan banyak produk dengan harga lebih terjangkau.

Plastik pertama kali ditemukan oleh Alexander Parkes pada tahun 1862. Beberapa tahun kemudian penemu Amerika John Wesley Hyatt hadir dengan plastik buatan manusia sintetis pertama. Saat ini ada banyak jenis plastik dengan karakteristik yang berbeda untuk memungkinkan banyak bahan lain untuk diproduksi dengan plastik.


Plastic


Telepon

Telefon dirintis oleh dua orang secara terpisah. Mereka adalah Alexander Graham Bell dan Elisha Gray yang sama-sama memproduksi perangkat yang dapat mengirimkan informasi suara secara elektronik. Bell terus mengembangkan temuannya agar lebih sukses dari penemu lainnya yang bekerja pada perangkat yang serupa.

Jika kita melihat bagaimana telepon kita bekerja hari ini, itu akan jauh berbeda dari telepon pertama yang diciptakan oleh Graham Bell karena telah mengalami perkembangan yang sangat panjang.




First Telephone Inventing


Pesawat Terbang

Pesawat terbang adalah penemuan hebat lainnya dalam sejarah umat manusia. Orville dan Wilber Wright atau lebih dikenal sebagai Wright Brothers adalah seorang pengusaha toko sepeda. Mereka butuh waktu bertahun-tahun lamanya untuk mengembangkan Wright Flyer pesawat pertama yang terbang pada 17 Desember 1903 untuk 36,6 meter dengan mesin sendiri.

Satu tahun kemudian, Wilber terbang dan meningkatkan Flyer II selama lima menit. Dengan kemajuan teknologi penerbangan saat ini, perjalanan udara tidak hanya menjadi lebih mudah tetapi juga lebih murah.


Airplane Invention


Televisi

Televisi adalah alat dengan  banyak komponen elektronik yang komplek di dalamnya. Perlu berbagai penemuan dari para ahli yang berbeda untuk mengembangkan lebih lanjut satu set televisi yang berfungsi secara penuh.

Awalnya televisi tidak dianggap begitu berguna, sampai akhirnya ia justru menjadi salah satu perangkat penting yang mudah kita jumpai di setiap rumah. Televisi menjadi alat elektronik paling populer di abad 21 yang juga digunakan untuk menyebarkan ide, iklan, berita, dan hiburan.


First Television

Demikianlah berbagai penemuan yang mampu merubah wajah dunia dimana kehadirannya meskipun beberapa terkesan sepele namun begitu penting bagi keberlangsungan hajat hidup orang banyak. Teknologi masih akan terus berevolusi, sudah sepantasnya manusia yang hidup di masa sekarang bisa mengambil contoh dari para pemikir besar terdahulu, dalam mengembangkan teknologi yang lebih maju tentunya yang tak merusak tatanan kehidupan.

Posting Komentar untuk "Penenmuan Yang Mengubah Dunia"