Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dark Web Dunia Tersembunyi Internet

 Istilah Dark Web pasti sudah tidak asing lagi bagi siapapun yang sering berselancar di internet dalam mencari beragam informasi. Di mana, istilah ini merupakan suatu  hal yang patut diwaspadai para pengguna internet khususnya bagi mereka yang mengerti akan isi dan konten di dalamnya. Namun tetapi, istilah Dark Web yang banyak dipahami sendiri justru lebih mengarah ke Dark Web yang berisi konten-konten dengan tidak sembarang orang dapat mengaksesnya dan memang sangat dihindari.


Dark Web


Lalu apa itu dark web? Dark Web memang dikenal sebagai tindak kejahatan yang dapat merugikan pengguna lain. Terlebih lagi, media acap kali menyangkutpautkan aktivitas berbahaya dan ilegal dengan dark web. Dark web adalah bagian dari internet yang tidak dapat diindeks oleh mesin pencari biasa seperti Google. Dark web hanya dapat diakses dengan perangkat lunak dan orientasi khusus yang kompleks.

Salah satu peramban khusus terbesar dan paling banyak digunakan adalah TOR (The Onion Router) yang memungkinkan pengguna dapat mengakses web secara anonim. Hal ini disebabkan karena TOR menutupi alamat IP dan identitas pengguna sehingga sangat sulit untuk melacak aktivitas internet yang telah dikunjungi perangkat.

Hal ini mengacu pada konten-konten negatif yang berisi aktivitas para hacker, aktivitas kriminal, pasar ilegal, dan tentunya virus atau malware yang siap merusak perangkat di mana Dark Web diakses. Akan tetapi, meski dicap sebagai bagian dari internet yang bermuatan hal-hal negatif, ada sejumlah fakta yang sebenarnya terjadi di dalam Dark Web. Penasaran dengan hal yang dimaksud? Yuk, simak penjelasan berikut ini.


Belum Tentu Semua Kejahatan Dilakukan Melalui Dark Web


Jika sebagian besar orang menganggap bahwa Dark Web berisi banyak aktivitas kejahatan, maka apa bedanya dengan internet yang mungkin saat ini terkesan legal, namun menyimpan banyak kejahatan di dalamnya. Dalam hal ini, kejahatan bisa terjadi di manapun kamu berada, bahkan di luar Dark Web sekalipun.

Pasalnya, ada bebrapa orang yang mengakses Dark Web untuk berbagai kebutuhan seperti pemerintahan, jurnalis, advokat, sampai karyawan perusahaan internet sekalipun. Tidak semua kegiatan didalam Dark Web dilakukan untuk tujuan kejahatan. Meskipun menurut studi, sebanyak 80 persen pengguna berkaitan dengan aktivitas pedofilia dan penjualan barang ilegal, konten pembunuhan, dan masih banyak lagi.

Di mana, Dark Web memang sering digunakan para penjahat dalam mengumpulkan maupun bertukar informasi karena terdapat sejumlah forum seperti underground hacking dan marketplace ilegal.


Dark Web Bisa Diakses Oleh Siapapun


Masih saal aktivitas yang dilakukan di Dark Web, konten yang ada di internet ini sebenarnya bisa diakses oleh siapapun. Alasan bahwa Dark Web itu tersembunyi, rahasia, dan jauh dari keramaian internet memang tidak selamanya benar karena pengguna bisa mengakses Tor Browser secara Gratis.

Browser yang dimodifikasi oleh Firefox ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan ekstensi privasi dan keamanan. Selain itu, bukan hal yang dilarang dan tidak selalu ilegal bagi siapapun yang ingin mengakses internet ini. Hanya saja, dibutuhkan enkripsi atau sandi yang kuat dalam menjaga layanan situs bagi penggunanya sehingga tetap aman. Salah satu negara yang membuat Dark Web layaknya internet legal adalah Amerika Serikat. Di mana, yang menjadi hal ilegal adalah isi di dalamnya seperti penjualan narkoba. Terkesan aneh memang....


Privasi Tidak Terjamin


Ketika pengguna memutuskan untuk mengakses Dark Web, maka satu hal yang harus jadi perhatian adalah internet ini memberikan privasi yang tidak dijamin keamanannya. Walaupun Dark Web sendiri menggunakan enkripsi dan ekstensi untuk meningkatkan privasi dan keamanan saat mengaksesnya, bukan berarti privasy kalian akan terlindyngi secara penuh.

kembali ke pembahasan awal bahwa sebagian besar aktivitas di internet ini dilakukan untuk bertukar informasi, maka akan ada banyak hacker yang lalu-lalang diinternet untuk mencuri data. Di mana, hal ini akan semakin memperlebar pintu masuk bagi mereka yang dengan mudah mengetahui siapa saja yang mengunjungi situs-situs tertentu.


Dark Web Bagian dari Internet yang Sangat Kecil


Pada dasarnya, terdapat miliaran lebih situs yang berkaitan dengan Deek Web sehingga dapat dikatakan bahwa internet ini menjadi yang terbesar saat ini. Mengingat, ada banyaknya situs yang tidak dapat diakses secara publik. Sementara untuk Dark Web justru hanya sebagian kecil dari internet karena hanya ada sekitar ribuan situs saja yang mengarah ke aktivitas di Dark Web. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan sejumlah cara agar bisa mengakses situs ini.


Kegunaan Dark Web


Seperti yang dibahas diawal sebelumnya bahwa aktivitas di dalam Dark Web ini bisa menjadi positif maupun negatif tergantung pengguna yang mengakses. Bagi para aparatur negara seperti intel, mereka akan terbantu dengan adanya Dark Web tentunya dalam kebutuhan mencari informasi penjahat-penjahat internet yang sedang diincar. Begitu juga sebaliknya dengan orang yang ingin berbuat hal negatif melalui Dark Web akan semakin dimudahkan karena akses yang dilindungi privasi.

Selain itu, Dark Web sendiri menjadi janji World Wide Web yang memungkinkan siapapun untuk melakukan berbagai hal dan berdiskusi apapun tanpa takut terkena sensor.


Demikian beberapa fakta mendasar mengenai Dark Web yang penting untuk dipahami sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Jika bicara Dark Web hanya berdasarkan perspektif kriminalitas, yang ada justru kejahatan banyak memakan korban dari jejaring  internet legal yang biasa diakses orang-orang di manapun dan kapanpun. Kejahatan yang biasa terjadi melalui internet biasanya tindak penipuan, salah satunya penjualan gadget.

Posting Komentar untuk "Dark Web Dunia Tersembunyi Internet"